ULASAN BUKU THE THINGS THEY CARRIED KARYA TIM O’BRIEN


Identitas buku:
judul: the things they carried: kenangan sang prajurit
pengarang: tim o’brien
cover: softcover
genre: fiksi
penerjemah: hendrayatna
ISBN: 9791601364
penerbit: serambi
halaman: 338
harga: Rp. 40.000

            William Timothy "Tim" O'Brien adalah seorang novelis Amerika  Yang lahir pada tanggal 1 oktober 1946 (saat ini berusia 72 tahun),  Dia terkenal karena bukunya The Things They Carried, kumpulan cerita semi-otobiografi yang terkait yang terinspirasi oleh pengalaman O'Brien dalam Perang Vietnam. Dan buku yang membuatnya terkenal ini akan diulas dalam konten ulasan buku hari ini.
            Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa buku ini merupakan kumpulan cerita yang sifatnya semi-otobiografi yang terdiri atas 22 cerita dalam 338 halaman yang disajikan oleh penulis.
            Buku ini berkategori fiksi, namun didasari dengan pengalaman si penulis itu sendiri. Buku ini menceritakan tim o’brien seorang mahasiswa yang baru saja lulus dengan predikat summa cumlaude dan ingin langsung mengambil program pascasarjana. Namun, naas baginya karena pada masa itu amerika sedang berperang dalam skala besar dengan Vietnam sehingga ia dikenai wajib militer. Dengan ketakutannya ia mencoba untuk menghindar dan melarikan diri ke Kanada namun ia memilih untuk pergi ke Vietnam mendengar kata hatinya akan patriotisme untuk negaranya.
            Kumpulan cerita memiliki alur maju mundur, dimana sang narrator yaitu tokoh utamanya sendiri menjelaskan masa lalunya sendiri, menceritakan bagaimana pengalamannya saat berperang melawan Vietcong dan kehidupannya saat ia telah kembali ke tanah asalnya dan berkeluarga. Cerita ini juga melingkupi kehidupan-kehidupan rekan-rekannya dalam peleton yang sama. Dimana, mereka memiliki beban hidupnya masing-masing sebelum menjadi prajurit dan bagaimana mereka menjalani kehidupan mereka pasca berperang meskipun beberapa diantaranya tewas dalam pertempuran atau memilih untuk bunuh diri karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan kenyataan yang baru. Terjemahannya pun sangat mudah dimengerti dan gaya bahasa yang sederhana semakin memudahkan pengulas dalam membaca buku ini.
            Buku ini membuat sudut pandang saya memiliki beberapa perubahan terkait perang, dimana selain beban peralatan yang harus dibawa selama pertempuran mereka juga membawa beban psikologis mereka sendiri seperti rindu akan kekasih atau keluarga, takut akan kematian perasaan senang karena dapat membunuh secara bebas tanpa diikat hukum yang membuat mereka begitu terkekang sampai dengan terpendamnya hasrat-hasrat terkejam dalam diri mereka yang selama ini dibatasi oleh sesuatu yang dinamakan dengan norma. Dan seringkali dalam buku ini diceritakan kisah tragis, kisah mengharukan, kisah yang absurd bahkan kisah yang begitu mengharukan
            Hikmah yang dapat diambil dari buku ini ialah bagaimana kita mengelola rasa takut dan menjadi berani untuk melindungi ataupun mengambil sesuatu yang menurut kita penting. Dan segala alur peristiwa yang tidak terduga dapat menjadi pengalaman yang begitu berharga yang membentuk diri kita menjadi manusia seutuhnya dan menjadi bahan cerita yang menarik untuk diceritakan kelak. “karena tidak semua orang itu pemberani dan para pemberanilah yang telah begitu banyak berkontribusi untuk dunia!”
            Sekian ulasan dari buku ini, buku yang menarik dan harus dibaca bagi orang yang tertarik dengan peperangan namun dengan penceritaan yang cukup unik karena menguliti berbagai sudut pandang tentang perang. Semoga bermanfaat dan dapat menjadikan kehidupan kita lebih bermakna sehingga membuat kita lebih bijaksana dalam menyikapi kehidupan, salam! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI NOVEL BELENGGU KARYA ARMIJN PANE

RESENSI NOVEL NORWEGIAN WOOD KARYA HARUKI MURAKAMI

ULASAN BUKU LIKE WATER FOR CHOCOLATE KARYA LAURA ESQUIVEL