ULASAN BUKU ORANG-ORANG CHINA YANG MEMPENGARUHI DUNIA ISLAM KARYA XU XIN




Identitas buku:
judul buku: orang-orang China yang mempengaruhi dunia islam
pengarang buku: xu xin
penerjemah: WangXiang Jun
penerbit: pustaka solomon
ISBN:
 978-602-804-308-3
halaman: 140 halaman
cover: soft cover
harga: Rp. 39.500

Xu Xin adalah seorang profesor kelahiran 16 juni 1946 di Universitas Nanjing dengan fokus konsentrasi sejarah agama dan gerakan umat yahudi dan  yang terkemuka China, serta pendiri dan direktur Institut Diane dan Guilford Glazer untuk Studi Yahudi dan Israel di Universitas Nanjing di Nanjing, Cina. Mengajar sejak tahun 1977 dan menjadi profesor penuh pada tahun 1994.

Buku ini merupakan deskripsi atas penelitian profesor xu xin terhadap historiografi islam di china serta pengaruh timbal balik dengan hadirnya islam di china secara khususnya maupun pengaruh yang diberikan oleh umat muslim di china pada skala global.

Islamisasi di china sendiri bermula pada tahun 650 m dimana pada masa Khalifah Usman bin Affan yang merupakan bagian dari khulafaur rasyidin mengirimkan tim yang dipimpin oleh Saad bin Abi waqash yang merupakan paman dari Muhammad S.A.W dalam rangka misi diplomasi kepada wilayah china yang disambut baik karena adanya keuntungan bagi pihak china yaitu hubungan perdagangan dan pertukaran berbagai tenaga ahli.

Dijelaskan berbagai perkembangan serta dinamika maupun konflik yang disebabkan dan dilakukan oleh umat muslim di china, mengingat juga umat muslim di china merupakan entitas yang begitu unik karena semakin terlepas pengaruhnya dari budaya arab dan mengalami proses asimilasi budaya dengan masyarakat china, sehingga menimbulkan bentuk budaya baru yang menyesuaikan antara budaya china dengan ajaran islam.

Buku ini dapat dijadikan sebagai rujukan dasar untuk memahami bagaimana masuknya islam di china serta perkembangan hubungan timbal balik antara proses Islamisasi dan perkembangan kebudayaan di china serta sumbangsih para umat muslim china untuk dunia mengingat gambaran secara umum yang bisa didapatkan dalam buku ini.

Kekurangan dari buku ini ialah begitu ringkasnya penulis dalam mendeskripsikan data yang di dapat sehingga terkesan minim informasi. Selain itu pula jumlah halaman yang kurang dari 150 halaman menjadi keterbatasan dalam penyampaian informasi.

            Untuk kesimpulan buku ini tentu layak sebagai penambah khazanah dan wawasan sejarah mengenai perkembangan islam di asia timur khususnya di china serta masih minimnya referensi sejarah terkait perkembangan islam di china menjadikan buku ini direkomendasikan untuk pembaca yang tertarik dengan tema perkembangan sejarah islam.

            Sekian ulasan buku kali ini, semoga memberi manfaat dan menambah ketertarikan untuk membaca buku. Jangan lupa juga untuk mendiskusikan buku yang telah kamu baca untuk mempertajam pemahaman dan semakin membuka wawasan. Sampai jumpa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI NOVEL BELENGGU KARYA ARMIJN PANE

ULASAN BUKU LIKE WATER FOR CHOCOLATE KARYA LAURA ESQUIVEL

RESENSI NOVEL ATHEIS KARYA ACHDIAT K MIHARDJA