ULASAN BUKU MENJEGAL FILM INDONESIA KARYA ERIC SASONO




Identitas buku:
judul buku: menjegal film Indonesia “ pemetaan ekonomi politik industri film Indonesia”
pengarang buku: eric sasono et al
penerbit: yayasan rumah film dan TIFA
ISBN: -
halaman: 370 halaman
cover: soft cover
harga: -

Adakah industri film di Indonesia? Pertanyaan itu adalah pertanyaan yang jadi pembuka dalam buku ini. Dengan jawaban yang tegas yaitu “ada” industri film yang ada di Indonesia sangatlah muram. Sebagaimana banyak keluhan kenapa film di Indonesia cenderung memiliki kualitas rendah dan begitu-begitu saja? Menurut analisis dari rosihan anwar dikarenakan industri film kita berada pada “back to basic”. Atau kembali ke dasar dimana hal-hal yang ditonjolkan dalam film hanya berkisar horror, sex dan kekerasan yang menjadi pondasi produksi dalam industri film di Indonesia.

Buku ini lahir pada Agustus 2011 dimana tengah maraknya penarikan pajak untuk film impor yang sempat menjadi pemicu lesunya industri film nasional maupun pasar film internasional yang ada dalam jaringan bioskop di Indonesia. Sehingga masalah ini menjadi pemantik untuk menelusuri lebih jauh perkembangan film di Indonesia dari masa ke masa serta dinamika yang terjadi dalam perjalanannya.

Dengan 3 faktor pokok pembahasan yang menjadi rumusan masalah dalam buku ini yaitu faktor distribusi, produksi dan eksibisi tim penyusun berdasarkan data yang mumpuni dan akurat mencoba membedah permasalahan dalam perkembangan dari industri film di Indonesia. Mengingat adanya pergeseran paradigma bahwa film bukan hanya produk dari budaya melainkan juga produk yang bernilai komersil sehingga film menjadi salah satu ladang bisnis yang sangat menguntungkan tapi beresiko tinggi juga. Hal ini menjadi pisau bermata ganda bagi pegiat film nasional dimana adanya sokongan pendanaan yang akan membantu proses produksi namun akan merubah orientasi film yang di produksi menjadi produk layak jual di pasar sehingga seringkali muncul berbagai film yang krisis akan nilai.

Buku ini juga menyingkap tabik proses monopoli film impor didaerah dan maraknya percaloan pada film nasional. Secara gamblang dengan data yang jelas menjadikan pembaca jauh lebih kritis dalam menyikapi isu perkembangan film yang ada di Indonesia. Dan dimanakah peran pemerintah selaku lembaga yang harus ikut serta memajukan industri film indonesia? Banyak regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah yang bukannya merangsang kualitas produksi film Indonesia malah menjadi penghambat berkembangnya industri film dengan berbagai kebijakan yang tidak tepat.

Tulisan yang penuh dengan data dan fakta disertai narasi dan analisis historis yang sangat menarik dimana buku yang fokus terkait kajian media khususnya film sangat terbatas di Indonesia, sehingga buku ini dapat jadi rujukan untuk penelitian kajian industri film di Indonesia.

Pada akhir ulasan apa kabar perkembangan industri film di Indonesia? Apakah sudah maju ditopang oleh SDM dan pendanaan yang mumpuni serta ditopang perkembangannya oleh struktur kuasa yang ada di Indonesia? Ataukah semakin muram semenjak 9 tahun yang lalu buku ini terbit? Silakan temukan dan lihat realitas yang ada pada saat ini. Dan buku ini berbasis ebook yang bisa didownload secara gratis oleh siapapun karena buku ini sejak awal dibuat untuk mengedukasi masyarakat dan pelaku industri film sehingga disebarluaskan secara masif. Untuk link ada dibagian sumber gambar dan bisa di akses oleh pengunjung di blog ini.

Sekian ulasan buku ini, semoga menambah referensi dan rekomendasi bacaan di masa sulit ini. Tetap konsisten membaca karena bangsa membutuhkan anda sebagai pilar yang kokoh lagi cerdas. Sampai jumpa!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI NOVEL BELENGGU KARYA ARMIJN PANE

ULASAN BUKU LIKE WATER FOR CHOCOLATE KARYA LAURA ESQUIVEL

RESENSI NOVEL ATHEIS KARYA ACHDIAT K MIHARDJA